loading...

Bacaan sholat taubat

Admin 7:51:00 PM
Shalat tobat adalah shalat yang disunahkan dilakukan setelah seseorang melakukan dosa atau merasa berbuat dosa, lalu bertobat kepada Allah swt.
Bertobat dari sesuatu dosa artinya menyesal atas perbuatan yang telah dilakukannya, dan berniat tidak akan melakukannya lagi disertai permohonan ampunan kepada Allah.

Lafal / bacaan niat sholat taubat:

bacaan niat sholat taubat
bacaan niat sholat taubat
Ushallu sunnatat-taubati rak'ataini lillaahi ta'aalaa. Allaahu akbar.
"Aku niat shalat sunah tobat dua rakaat karena Allah Ta `ala. Allaahu akbar. "

Shalat tobat ini dianjurkan oleh Rasulullah saw. sebagaimana sabdanya:
cara sholat taubat dan bacaannya
Hadits tentang sholat taubat
Maa min rajulin yudznibu dzanban tsumma yaquumu fa yatathahharu tsumma yushallii tsumma yastaghfirullaaha illaa ghafara lahu tsumma qara'a haadzihil-aayah: wal-ladziina idzaa fa'aluu faahisyatan an zhalamuu anfusahum dzakarullaaha fastaghfaruu li dzunuubihim wa man yaghfirudz-dzunuuba illallaahu wa lam yushirruu `alaa maa fa'aluu wa hum ya'lamuun. Ulaa'ika jazaa'uhum maghfiratun min rabbihim wa jannaatun tajrii min tahtihal-anhaaru khaalidiina fuhaa.
"Setiap orang yang berbuat dosa, kemudian segera bergerak dan berwudhu, kemudian shalat lalu memohon ampunan kepada Allah, pasti Allah akan memberikan ampunan baginya. Setelah itu dibacanya ayat ini (QS Ali `Imran/3: ]35-]36):

`Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menzalimi diri sendiri, (segera) mengingat Allah, lalu memohon ampun atas dosa-dosanya, dan siapa (lagi) yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan dosa itu, sedang mereka mengetahui. Balasan bagi mereka ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya'. "
(HR. Abu Dawud, An-Nasa'i, Ibnu Majah dan Baihaqi))

1. Jumlah rakaat shalat sunah tobat 2, 4 sampai 6 rakaat.
2. Doanya:

doa sholat taubat

Astaghfirullaahal-`azhum alladzu laa ilaaha illaa huwal-hayyul¬qayyuumu wa atuubu ilaihi taubata `abdin zhaalimin laa yamliku li nafsihi dharran wa laa naf an wa laa mautan wa laa hayaatan wa laa nusyuuraa.

"Aku memohon ampunan kepada Allah Yang Mahaagung, yang tiada tuhan melainkan Allah, Dia Tuhan Yang Mahahidup Yang Berdiri sendiri. Dan aku bertobat kepada-Nya, selaku tobatnya seorang hamba yang banyak berdosa, yang tidak mempunyai daya upaya untuk berbuat madharat atau manfaat, untuk mati atau hidup maupun bangkit nanti. "

3. Sangat baik sekali memperbanyak membaca induk istighfar:


Allaahumma anta rabbii laa ilaaha illaa anta khalaqtanii wa ana `abduka wa ana `alaa `ahdika wa wa`dika mastatha'tu a`uudzu bika min syarri maa shana'tu abuu'u laka bi¬ni'matika `alayya wa abuu'u bidzanbii faghtir Hi fa innahu laa yaghtirudz-dzunuuba illaa anta.
Artinya :
"Ya Allah, Engkaulah Tuhanku, tidak ada tuhan melainkan Eng¬kau yang telah menciptakan aku, dan akulah hamba-Mu. Dan aku akan melaksanakan janjiku kepada-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakui nikmat-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku, dan aku mengakui dosaku, karena itu berilah ampunan kepadaku, sebab tidak ada yang dapat memberi pengampunan, kecuali hanya Engkau sendiri. "

Semoga posting tentang
Bacaan sholat taubat:, cara sholat taubat dan bacaannya: dapat bermanfaat
Previous
Next Post »

1 comment

1. Apabila ada kesalahan tulis mohon di luruskan melalui kolom komentar dibawah ini. (Mohon langsung tuliskan kesalahannya, dan seharusnya tulisannya bagaimana. Misalnya: "ynag" SEHARUSNYA "yang")
2. Jangan lupa bagikan tulisan ini kepada saudara-saudara kita. SEMOGA MENJADI AMAL IBADAH BAGI YANG MEMBAGIKANNYA
3. Mohon Tidak Beriklan pada kolom komentar, dan menambahkan link aktif pada kolom komentar
4. MOHON DO'ANYA AGAR KAMI SELALU DIBERI KESEHATAN, KESELAMATAN, DAN JAUH DARI BALA SERTA DIMURAHKAN RIZKI

loading...