loading...

THAHARAH (BERSUCI)

Admin 1:35:00 PM
A. ARTI THAHARAH
Thaharah artinya bersuci.
Thaharah menurut syara' ialah bersuci dari hadats dan najis.
Bersuci ada dua bagian:
1. Bersuci dari hadats
Bersuci dari hadats ialah dengan mengerjakan wudhu, mandi dan tayamum.
2. Bersuci dari najis
Bersuci dari najis ialah menghilangkan najis yang ada di badan, tempat dan pakaian.
1. Macam-macam Air
Air yang dapat dipakai bersuci ialah air yang bersih (suci dan menyucikan) yaitu air yang turun dari langit atau keluar dari bumi yang belum dipakai untuk bersuci.
Air yang suci dan menyucikan ialah:
 Air hujan
 Air sumur
 Air laut
 Air Sungai
 Air salju
 Air telaga
 Air embun
Macam-macam Air
Ditinjau dari segi hukumnya, air itu dapat dibagi empat bagian:
- Air suci dan mensucikan yaitu air mutiak artinya air yang masih murni, dapat digunakan untuk bersuci dengan tidak makruh, (air mutlak artinya air yang sewajarnya).
- Air suci dan dapat menyucikan, tetapi makruh digunakan yaitu air musyammas (air yang dipanaskan dengan matahari) di tempat logam yang bukan emas. .
- Air suci tetapi tiduk dapat menyucikan, seperti air musta'mat {air yang telah dipergunakarr bersnci) untuk rnenghilangkan hadats atau najis walaupun tidak berubah wacna, bau atau rasanya.
- Air mutanajis
Yaitu air yang kena najis (kemasukan najis); sedang jumlahnya kurang dari dua kulah, maka air yang semacatn ini tidak suci dan tidak dapat menyucikan. Jika lebih dari ciua kulah dan tidak berubah . sifatnya, maka sah untuk bersuci.
Duo kulah sama dengan 217 liter, jika berbentuk bak, maka besarnya = panjang 62,4 cm; besar 62,4 cm dan datam/tinggi 62,4 cm atau melebihinya.

PERINGATAN…!!!
ADA SATU MACAM AIR LAGI IALAH SUCI DAN MENSUCIKAN TETAPI HARAM MEMAKAINYA, YAITU AIR YANG DIPEROLEH DARI GHASHAB/MENCURI, MENGAMBIL TANPA IZIN

DAFTAR PUSTAKA
Drs. Moh. Rifa’i. 2014. Risalah Tuntunan Shalat Lengkap. PT. Karya Toha Putra. Semarang
Previous
Next Post »

1 comment

  1. You can clean your hands, your legs, your face, your body but what it worth if your spirit will stay dirty? Indian traditions tell that you can't suppress your emotions, otherwise, you poisoning your mind. Free yourself at onlinechatrooms.com. It would save me years of suffering if I would know about this place earlier.

    ReplyDelete

1. Apabila ada kesalahan tulis mohon di luruskan melalui kolom komentar dibawah ini. (Mohon langsung tuliskan kesalahannya, dan seharusnya tulisannya bagaimana. Misalnya: "ynag" SEHARUSNYA "yang")
2. Jangan lupa bagikan tulisan ini kepada saudara-saudara kita. SEMOGA MENJADI AMAL IBADAH BAGI YANG MEMBAGIKANNYA
3. Mohon Tidak Beriklan pada kolom komentar, dan menambahkan link aktif pada kolom komentar
4. MOHON DO'ANYA AGAR KAMI SELALU DIBERI KESEHATAN, KESELAMATAN, DAN JAUH DARI BALA SERTA DIMURAHKAN RIZKI

loading...